Langsung ke konten utama

IKLAN LAYANAN MASYARAKAT DAN PSIKOLOGI KONSUMEN

Halo! Hi! Kali ini saya akan membahas ulasan salah satu video yang diunggah dari channel youtube TEDX, pembicaranya yaitu Tali Sharot dengan topik yang ia bawakan yaitu "How to motivare yourself to change your behavior" yang artinya "Bagaimana kita memotivasi diti untuk mengubah perilaku" Pada kesempatan kali ini saya juga akan membahan iklan layanan masyarakat yang mempunyai pesan negatif untuk para audiens-nya, tentunya video dan iklan masyarakat ini punya koneksi yaitu dari iklan yang berbau negatif kita bisa ubah dengan re-desain iklan ini menjadi jauh lebh efektif untuk dapat mengubah sikap dan perilaku masyarakat yang dianggap buruk. 

Dalam video ini Sharot membahas bahwa seringkali manusia atau masyarakat ingin mencoba merubah perilaku dan kebiasan kita dengan memb awa pesan yang berbau negatif sehingga bisa menakutkan diri kita sendiri, dengan cara seperti itu sangatlah kurang efektif, juga berdampak buruk, diantaranya :
-Berusaha untuk melupakan pesan negatif tersebut 
-Menutup diri 
-Menghindarinya
-Adanya jarak yang tidak pasti antara sebuah tindakan dengan konsekuensi dari sebuah tindakan
-Adanya variable umur untuk mendapatkan pembelajaran dari berita buruk.

Sama seperti saat saya masih kecil, saat saya belajar dan belum mengerti total, saat itu guru saya marah sehingga berbicara dengan intonasi yang tinggi, bukannya saya termotivasi belajar malah saya demotivasi untuk belajar pelajaran tersebut dan akhirnya mendapatkan nilai yang kurang memuaskan. 

Maka itu Sharot membahas 3 cara efektif untuk memotivasi diri untuk mengubah perilaku kita yaitu : 
  1. Social Incentive : Sebagai manusia tentunya kita selalu melihat opini dari orang lain sehingga membuat adanya perubahan. Sebagai manusia ketika kita melihat sebuah perilaku yang orang lain lakukan memiliki kecenderungan yang didukung maka kita akan mengikuti perilaku tersebut.
  2. Immediate Reward : Kita sebagai manusia Lebih menyukai penghargaan atau imbalan secara langsung untuk berperilaku dengan cara yang baik. Kita memiliki kecenderungan yntuk melihat apa yang kita dapat daripada menunggu dan melihat hasil yang bisa kita dapat.
  3. Progress Monitoring : Yaitu dengan cara kita memonitori proses kita dapat membuat peningkatan kinerja kita. Kita sebagai manusia lebih menyukai progress yang telah dilakukan dibanding dengan hal yang belum dilaksanakan.

Pada kali ini, tugas saya terinspirasi dari apa yang Sudah dibahas oleh Sharot dan tugas kali ini yaitu re-design iklan layanan masyarakat dengan pesan yang berbau hal negatif dan kita harus mengubahnya menjadi sebaliknya, berikut adalah iklan layanan masyarakat yang diunggah oleh sukabumiupdate.com :  


Iklan ini berbau negatif dikarenakan pesan yang mencela dan juga dari penggunakan tipografi yang seakan-akan menakuti kita.


Berikut adalah hasil re-design iklan yang saya buat: 


Poster diatas meruapakan hasil re-design iklan layanan masyarajat yaitu larangan membuang sampah sembarangan, disini saya memainkan illsutrasi yang simple dan penggunaan kata-kata "Mau jadi pahlawan? Buang sampat pada tempatnya sudah cukup kok" yang dimana kata-kata tersebut dapat memotivasi orang menjadi pahlawan bukan berarti harus mempunyai kekuatan super, menjadi pahlawan dunia cukup hanya membuang sampah pada tempatnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

"Apapun makanannya, minumnya teh botol sosro" Copywriting

Kalian pasti tau kan teh botol sosro? Teh botol sosro merupakan salah satu minuman yang tidak asing lagi di indonesia, kita bisa menemui teh botol sosro hampir dimanapun, saat kita sedang makan di warteg, di tukang bakso langganan gue, kantin kampus dan juga masih banyak lagi teh botol sosro diedarkan di tempat makan manapun dan juga tempat lainnya, karena mudah ditemui di manapun, kita sudah mengenali teh botol sosro mulai dari media iklan dan juga media cetak, misalnya saat gue lagi makan bakso di tempat langganan gue pastinya banyak banget iklan teh botol sosro bermunculan, dari mulai banner, di menu makanan, sehingga di tempel di meja sarung meja di tempat makanan dengan cara itu maka konsumen akan tertarik untuk membeli teh botol sosro yang menggiur saat di minum pada siang hari maupun hingga malam hari akibat media-media yang sudah disebar luas. Ketertarikan konsumen terhadap teh botol sosro tidak hanya lewat visual aja tapi teh botol sosro juga mempunyai slog...

About Mafazee

Halo! Nama gue Mafazi Qisti Sitepu biasa dipanggil Aji, 19 tahun, lahir di kota Bekasi, 26 agustus 1999. Gue tinggal di Bogor, kota yang adem, walaupun sekarang udh rame bgt sama lautan kendaraan di Bogor, tapi masih seneng bgt di Bogor super adem apalagi ditambah ujan hehehe. Hobby gue yaitu nyanyi, sering banget ngadain solo konser, tapi di kamar mandi dan selain nyanyi yaaa gambar, mau manual ataupun digital suka dah pokoknya. Dulu sempet kepikiran mau masuk fine art di institut terkenal di bandung tapi yang diatas malah berkata lain tapi its okay! Berujung di Bina Nusantara jurusan design, lebih tepatnya jurusan Creative Advertising, kenapa milih CA? Jujur suka banget liat iklan yang ngena pada penontonnya, apalagi yang edukatif, lucu dan juga persuatif, itu sih menurut gue kunci buat iklan yang bagus, jadi kayak tertarik masuk CA ya gituu. Tapi sekarang gue udh mulai berfikiran untuk menjadi illustrator, akibat sering hobby gambar terus kepikiran jadi illustrator deh, ...

How Consumer Behave In a Targeted Market

Hi! Halo! Pada kesempataan kali ini saya akan membahas penelitian saya lakukan di salah satu universitas ternama di Jakarta. Dari target market saya, saya lebih mengecilkan lingkupnya, yaitu mahasiswa atau remaja yang berumur sekitar 18-21 tahun yang menyukai menyantap kudapan atau cemilan. Data yang saya kumpulkan merupakan anĂ¡lisis saya yang masih berhubungan di data analisa 4P produk Oreo (kukis coklat yang mempunyai filing creme di tengahnya) berikut adalah video saya meng-interview 3 orang mahasiswa atau remaja. Sesuai dengan judulnya, saya ingin mengetahui lebih dalam pendapat masing-masing individu, kebutuhan dan juga keinginan dalam produk cemilan ini. Berikut ini adalah video saya mewawancarai 3 orang mahasiswa atau remaja. Berikut adalah list pertanyaan saya : 1. Apakah anda sering memakan tau mengonsumsi kudapan/cemilan? 2. Cemilan/Kudapan yang superti apa? 3. Rasanya yang seperti apa? Manis? Asin? Asam?  4. Kalau kudapan manis tersebut mempunyai banyan Var...