Halo! Hi! Kali ini
saya akan menjelaskan salah satu brand ternama di Indonesia yaitu Faber
Castell yang aslinya berasal dan di buat tepatnya di Jerman. faber castell
merupakan salah satu brand ternama, salah satu produsen terbesar di dunia pena,
pensil, perlengkapan kantor seperti stapler, penggaris, dll. dan juga di peralatan
seni seperti pensil warna, cat air, cat akrilik dll. Faber Castell Didirikan
pada tahun 1761 di Stein dekat Nuremberg oleh pembuat kabinet Kaspar Faber (1730–1784),
perusahaan ini tetap bertahan dalam keluarga Faber selama delapan generasi.
Kali ini saya akan
membahas tentang strategi pemasaran dari Faber-Castell. Dari visi mereka yaitu
Kualitas, Tradisi dan Inovasi untuk sekarang dan masa depan. Yang siapa lagi
yang tidak tahu lagi bahwa Faber-Castell mempunyai kualitas yang sangat bagus
dan juga semakin berkembang dari segi kualitas dan juga tentunya
inovasi-inovasi barunya. Dari yang kita sadari banyak sekali konsumen
Faber-Castell menggunakannya dari daily essential, digunakan untuk mengisi
lembar jawaban seperti Ujian Nasional, menggunakannya untuk tes gambar saat
masih kecil, menggunakannya juga untuk membuat kreatifitas seni menggunakan
alat-alat yang sudah dikembangkan faber-castell, dll.
Lalu ada juga Misi dari Faber-Castell yaitu “To bring to you the tools of expression. We help to draw
life into wonderful ideas. We build with the world of imagination that will
never fade away.” Yang bisa kita ketahui bahwa dari segala
produk yang dikeluarkan kiat bisa meng-ekspresikan dalam bentuk art & craft
sesuai dengan imajinasi kita.
Produk
Faber-Castell hampir bisa didaptkan dimanapun, seperti minmarket, pasar, toko
buku terdekat, toko stationery dll. Karena produk ini berkualitas jadi kita
sudah menjamin bahwa Faber-Castell merupakan produk yang setia digunakan oleh
masyarakat. Karena Faber-Castell merupakan manufaktur pencil terbesar di dunia,
Faber-Castell sudah di distribusi di 120 negara dari bermacam produk yang
dikeluarkan. Produk yang dikeluarkan oleh Faber-Castell diantaranya :
-Black lead
pencils
-Coloured pencils
-Fountain pens
-Ballpoint pens
-Fineliner / fibre
tip pen
-Gel roller
-Marking
-Paint
-Rollerball pens
-charcoals
-Krayon
-Penghapus
-Pensil mekanik
-Rautan
-Sets
-Equipment
-Aksesoris
Faber Castell
mempunyai slogan yang dari dulu dan sampai sekarang dipakai yaitu
"Companion for Life" yang berasumsi bahwa brand ini bertujuan untuk
menjadi salah satu pendamping hidup, dimana iklan yang dikeluarkan oleh Faber
Castell menceritakan rasa kesatuan, dari keluarga, friendship dan juga
kreatifitas dari brand ini agar melekat lagi kepada marketnya &
consumernya. Faber-Castell mempunyai sub-segment yang diantaranya adalah, kretifitas
untuk anak, premium art untuk anak dan masih banyak lagi. Tidak hanya untuk
anak tapi juga untuk proffesional juga, dari segmentasi umur pun faber-castell
juga digunakan customer dari umur 5 sampai 20 tahun.
Dari berbagai
macam iklan brand Faber-Castell, ada salah satu iklan yang media nya sangat
unik, iklan ini diluncurkan di brazil, dimana iklan ini kita bisa mengetahui
bahwa pastinya bahan yang mereka produksi lebih eco-friendly dibsnding dengan
brand yang lainnya yang dimana kalau kita menggunakan produk yang eco-friendly
pasti bisa menyelamatkan banyak nyawa hewan-hewan diluar sana. Tidak hanya
produk yang eco-friendly, tetapi karena inovasi yang terus berkembang, Faber
Castell menggunakan tema Never Ending Forest, dimana ada sebuah aplikasi yang
dikeluarkan Faber-Castell dan aplikasi tersebut dapat sensor dibsetiap warna
pensil tersebut dan setiap warna ada banyak sekali hewan-hewan forest yang bisa
dilihat berbentuk 3D dan dapat bergerak, tidak hanya itu saja, hewan yang dapat
kita deteksi bisa didapatkan tentang infomasi tersebut, ini adalah strategi
yang sangat pintar, dimana pastinya tidak hanya menambah kreatifitas, tetapi
juga menambah edukasi wawasan lebih dalam. Apa yang didapat? 76 juta impressi,
600 ribu mendownload aplikasi ini, 4,5 juta engagements.
Kesimpulan yang saya dapatkan yaitu, Faber Castell
sangatlah mengutamakan kualitas dan inovasi yang dapat mendekatkan produknya
kepada costumer mereka, dari iklan yang sangat inofatif dan juga edukatif dan
juga dari segi ramah lingkungan itu adalah salah satu cara yang sangat saya
sukai dan juga tentu orang lain pun menyukai hal tersebut.
Komentar
Posting Komentar