Langsung ke konten utama

My Big Fat Competitor



Hi! Halo! Kali ini saya akan membahas suatu hal yang berhubungan dengan dunia marketing, karena saya kuliah di bidang advertising yang dimana tentunya berhubungan dengan periklanan dan tentunya berhubungan sekaki dengan mata kuliah marketing and consumer behavior dan ada kaitannya dengan pasar yang ada transaksi jual beli.kali ini saya memilih produk yang di indonesia dan di luar negeri sangat populer yaitu, Oreo.

Oreo adalah kukis khas yang berwarna hitam dengan isi krim putih. Camilan manis yang disukai banyak orang ini ternyata sudah ada sejak lebih dari satu abad. Setelah pemakaian pertama, kau akan lihat hasilnya. Perjalanan menarik terciptanya Oreo melibatkan dua pria bersaudara. Berakhirnya kerja sama bisnis antara Jacob dan Joseph Loose sebagai pemilik American Biscuit and Manufacturing Company, mendorong Joseph mendirikan National Biscuit Company (Nabisco). Dilansir dari laman Times of India, Oreo pertama diproduksi pada tahun 1912 oleh Nabisco dan dipasarkan sebagai bagian dari trio 'biskuit kelas paling tinggi', yang meliputi Mother Goose Biscuit dan Veronese Biscuit. Dua biskuit itu sudah lama tidak muncul lagi, tapi Oreo mampu bertahan hingga menembus zaman. 
Perusahaan Nabisco (mondelez internasional) adalah perusahaan yang fokusnya di makanan dan minuman, tapi dulu sebelum adanya mondelez yaitu namanya diganti menjadi Kraft Foods. Diantaranya produk yang dijual oleh Mondelez yaitu :
-Toblerone
-Oreo 
-Ritz
-Cadbury
-Belvita
-Chips Ahoy!

Kali ini saya akan menjelaskan 4P (Product, Promotion, Placement & Place)

1. Product 

Kita bisa melihat dari packaging Oreo yaitu dominan berwarna biru, kenapa warna biru? Karena biru adalah warna kenidupan dan higenis dan jarang banget sebenernya dulu ada packaging makanan manis yang packaging yang berwarna biru. Oreo juga mempunyai banyak variasi rasa dan bentuk.
Variasi rasa oreo:
  • Oreo Original
  • Oreo Double Stuf
  • Oreo Chocolate Creme
  • Oreo Coconut Delight
  • Oreo Dark and White Chocolate
  • Oreo Peanut Butter and Chocolate (sebelumnya Double Delight)
  • Oreo Strawberry Creme
  • Oreo Ice Cream Blueberry Flavor
  • Golden Oreo Vanilla
  • Oreo Ice Cream Orange Flavor
  • Oreo Wafer Vanilla
  • Oreo Wafer Chocolate
  • Oreo Wafer Rolls Vanilla
  • Oreo Wafer Rolls Chocolate
  • Oreo Soft Cake
  • Oreo Star
  • Oreo Selection
  • Mini Oreo Vanilla Cream
  • Mini Oreo Chocolate Cream
  • Mini Oreo Strawberry Cream
  • Oreo Thins Vanilla Delight
  • Oreo Thins Tiramisu
  • Oreo Thins Lemon Cheesecake
Namun ada beberapa produk oreo yang hanya ada di luar negri seperti Cookie dought. 
Dengan banyaknya varian rasa para consumer bisa merasakan rasa yang berbeda-beda. Cara makan Biskuit Oreo merupakan salah satu hal yang paling iconic tentang brand oreo yaitu dengan cara :

- Diputar 
- Dijilat
- Dicelupkan
- Langsung di makan



 2.  Promotion
promosi yang dilakukan oleh oreo lebih sering berupa iklan televisi,
web, dan instagram dengan menekankan tagline "diputar, dijilat, dicelupin"
apa yang sudah saya research, Oreo mempunyai website tapi merupakan website keseluruhan dan adapun website Oreo eropa, sepertinya website Oreo UK. Sementara di Indonesia, Oreo tidak membuat akun atau website khusus untuk Indonesia, melainkan web secara keseluruhan dan website bagian Europe. Tetapi akun dan website Oreo dinatra lain adalah, website, facebook, Instagram dan Twitter. Di Indonesia apa yang saya dapat, Oreo banyak sekali mendirikan event yang berbau ‘kekeluargaan” seperti contoh event Oreo di Indonesi seperti berikut   :

 Apa yang saya dapat, event yang diadakan Oreo yang ada di Indonesia tentunya berbau dengan ‘Keluarga’ karena Oreo merupakan makanan biscuit yang tentunya untuk sharing dengan orang-orang terdekat, salah satu contoh event oreo yaitu merupakan keajaiban dan keceriaan dari Oreo, di event ini adalah untuk keseruan sang buah hati dan untuk mempererat dan quality time bersama keluarga. Tidak hanya dengan hal-hal yang berbau kekeluargaan saja, tetapi salah satu event oreo pun juga diangkat dari masalah isu global yaitu, untuk kota yang lebih hijau, event ini bernamakan Taman Kita Oreo, event ini dilaksanakan di Kota Bogor, dimana kota saya tinggal sekarang, acara ini mengajak masyarakat bogor untuk lebih berinteraksi di ruang hijau atau di alam, disini cara promosi Oreo adalah untuk menjadi brand keluarga, dengan cara sharing.




 3. Placement

produk-produk oreo dapat dengan mudah ditemukan di berbagai minimart atau supermarket, namun untuk beberapa produk hanya dijual di supermarket-supermarket seperti Farmer's Market.
Produk - produk oreo dapat ditemukan di rak-rak snack atau di rak sekitar kasir. Beberapa produk oreo tidak dijual di pasaran, ada beberapa produk oreo yang di jual retail shop, seperti rasa oreo mint, oreo double stuff, dll.
Tidak hanya minimart, supermarket dan retailshop saja, beberapa produk oreo pun ada yang dijual di warung, tetapi dengan penempatan yang harus menyesuaikan tempat atau space di warung tersebut, oreo pun mengeluarkan varian rasa original dan isinya pun hanya 3 biskuit dan selain itupun ada satu produk lainnya yang dijual di warung atau kelas menengah kebawah yaitu Oreo soft cake, karena packagingnya yang bisa dibilang kecil disbanding yang lainnya maka itu dapat menyesuaikan dengan space yang ada.
Sedangkan yang dijual seperti di minimarket, supermarket dan retail adalah konsumen yang ada di kelas menengah keatas, karena isinya yang lebih banyak, dan masih banyak rasa yang ber-variasi dan bentuk-bentuk yang bermacam varian juga dan juga factor harga.




4. Price 

Harga oreo termasuk yang ada di supermarket ataupun minimarket yaitu sekitar Rp. 9.500 namun beberapa produk dengan ukuran besar lebih mahal dengan harga sekitar Rp.13.000 
Harga oreo yang ada di warung, Rp. 3.000 sehingga Rp. 5.000 karena packaging yang sangat minimalis dan isinya pun yang hanya ada 3
Harga Oreo di retail shop bisa sekitaran Rp. 75.000 sehingga Rp. 100.000 karena tidak dijual dipasaran, variasi rasanya lebih banyak dan isi dari produk ini lebih banyak dari biasanya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

"Apapun makanannya, minumnya teh botol sosro" Copywriting

Kalian pasti tau kan teh botol sosro? Teh botol sosro merupakan salah satu minuman yang tidak asing lagi di indonesia, kita bisa menemui teh botol sosro hampir dimanapun, saat kita sedang makan di warteg, di tukang bakso langganan gue, kantin kampus dan juga masih banyak lagi teh botol sosro diedarkan di tempat makan manapun dan juga tempat lainnya, karena mudah ditemui di manapun, kita sudah mengenali teh botol sosro mulai dari media iklan dan juga media cetak, misalnya saat gue lagi makan bakso di tempat langganan gue pastinya banyak banget iklan teh botol sosro bermunculan, dari mulai banner, di menu makanan, sehingga di tempel di meja sarung meja di tempat makanan dengan cara itu maka konsumen akan tertarik untuk membeli teh botol sosro yang menggiur saat di minum pada siang hari maupun hingga malam hari akibat media-media yang sudah disebar luas. Ketertarikan konsumen terhadap teh botol sosro tidak hanya lewat visual aja tapi teh botol sosro juga mempunyai slog...

About Mafazee

Halo! Nama gue Mafazi Qisti Sitepu biasa dipanggil Aji, 19 tahun, lahir di kota Bekasi, 26 agustus 1999. Gue tinggal di Bogor, kota yang adem, walaupun sekarang udh rame bgt sama lautan kendaraan di Bogor, tapi masih seneng bgt di Bogor super adem apalagi ditambah ujan hehehe. Hobby gue yaitu nyanyi, sering banget ngadain solo konser, tapi di kamar mandi dan selain nyanyi yaaa gambar, mau manual ataupun digital suka dah pokoknya. Dulu sempet kepikiran mau masuk fine art di institut terkenal di bandung tapi yang diatas malah berkata lain tapi its okay! Berujung di Bina Nusantara jurusan design, lebih tepatnya jurusan Creative Advertising, kenapa milih CA? Jujur suka banget liat iklan yang ngena pada penontonnya, apalagi yang edukatif, lucu dan juga persuatif, itu sih menurut gue kunci buat iklan yang bagus, jadi kayak tertarik masuk CA ya gituu. Tapi sekarang gue udh mulai berfikiran untuk menjadi illustrator, akibat sering hobby gambar terus kepikiran jadi illustrator deh, ...

How Consumer Behave In a Targeted Market

Hi! Halo! Pada kesempataan kali ini saya akan membahas penelitian saya lakukan di salah satu universitas ternama di Jakarta. Dari target market saya, saya lebih mengecilkan lingkupnya, yaitu mahasiswa atau remaja yang berumur sekitar 18-21 tahun yang menyukai menyantap kudapan atau cemilan. Data yang saya kumpulkan merupakan anĂ¡lisis saya yang masih berhubungan di data analisa 4P produk Oreo (kukis coklat yang mempunyai filing creme di tengahnya) berikut adalah video saya meng-interview 3 orang mahasiswa atau remaja. Sesuai dengan judulnya, saya ingin mengetahui lebih dalam pendapat masing-masing individu, kebutuhan dan juga keinginan dalam produk cemilan ini. Berikut ini adalah video saya mewawancarai 3 orang mahasiswa atau remaja. Berikut adalah list pertanyaan saya : 1. Apakah anda sering memakan tau mengonsumsi kudapan/cemilan? 2. Cemilan/Kudapan yang superti apa? 3. Rasanya yang seperti apa? Manis? Asin? Asam?  4. Kalau kudapan manis tersebut mempunyai banyan Var...