Langsung ke konten utama

Bukalapak Ads Analysis

Halo! Kalian pasti pada tau kan Bukalapak? Bukalapak merupakan salah satu situs jual beli online yang terkemuka di Indonesia. Karena zaman sekarang, zaman era digital siapa juga sih yang nggak pernah melakukan transaksi jual beli online? Kali ini ada salah satu iklan bukalapak yang judulnya 'Pak, Maafin Ibu Ya.' Dan saya akan menganalisa iklan dari salah satu e-commerce terbesar di mancanegara ini.

https://m.youtube.com/watch?v=cd6Zgsnj5kE

Di dalam video yang berdurasi 5 Menit 14 detik ini, kita bisa lihat ada seorang ibu yang sedang memberihkan rumah sembari ditemani anaknya yang sedang sibuk memandang computer, ketika sang ibu sedang membersihkan tiba-tiba sang ibu tidak sengaja menjatuhkan salah satu koleksi pribadi piringan hitam milik sang ayah, ibu pun terlihat sangat panik dan anaknya pun terlihat kaget akibat ketidaksengajaan yang dibuat oleh sang ibu yang mengakibatkan piringan hitam itu kondisinya rusak parah. Sang ibu pun langsung berinisiatif untuk pergi mencari ke tempat jualan vinyl atau piringan hitam, karena piringan hitam itu merupakan barang langka milik sang ayah karena sudah tidak di jual lagi, tapi sang anak pun membantu ibunya untuk mencari piringan hitam yang sama, dia mencari di bukalapak dan komunitas bukalapak tapi ternyata stok pun habis. Agar semua permaslahan ini reda, sang anak pun akhirnya mempunyai caranya sendiri agar sang ayah tidak marah lagi, ya dengan cara membuat cover lagu The Nusa dan diawali dengan kata "pak, maafin ibu ya." Dan cara itu pun berhasil membuat sang ayah dan ibu kembalu lagi dan permasalahannya pun sudah reda.



Di iklan Bukalapak kali ini kita tahu bahwa jika ada barang yang rusak atau hilang apalagi barang berharga tentunya tidak bisa diganti, tetapi masih ada cara untuk bagaimana kita bisa mempernaiki dengan kerja keras dan usaha pasti bisa. Dengan tagline nya yang berbunyi "Pak, maafin ibu ya" mengundang para penonton karena pasti timbul rasa penasaran atau curiosity tentang cerita kali ini tentang apa. Di iklan tersebut pun mengajarkan kita, bagaimana usaha dan kerja keras merupakan solusi, walaupun dari usaha yang kecil pun bisa jadi berdampak besar kepada orang lain, di iklan ini pun kita dapat pelajaran untuk tidak pernah menyerah walaupun kesempatannya kecil tetapi pasti selalu ada cara. Iklan bukalapak ini pun pastinya mengimplementasikan apa yang selalu ada di keseharian kita, yaitu keluarga, pada zaman ini anak-anak remaja enggan untuk meminta maaf kepada orangtuanya karena kalau diatanya mengapa pasti jawabannya "malu hehe". Kata maaf adalah kata yang sangat kuat menurut saya, karena bisa berdampak besar kepada suatu masalah. Terimakasih!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

"Apapun makanannya, minumnya teh botol sosro" Copywriting

Kalian pasti tau kan teh botol sosro? Teh botol sosro merupakan salah satu minuman yang tidak asing lagi di indonesia, kita bisa menemui teh botol sosro hampir dimanapun, saat kita sedang makan di warteg, di tukang bakso langganan gue, kantin kampus dan juga masih banyak lagi teh botol sosro diedarkan di tempat makan manapun dan juga tempat lainnya, karena mudah ditemui di manapun, kita sudah mengenali teh botol sosro mulai dari media iklan dan juga media cetak, misalnya saat gue lagi makan bakso di tempat langganan gue pastinya banyak banget iklan teh botol sosro bermunculan, dari mulai banner, di menu makanan, sehingga di tempel di meja sarung meja di tempat makanan dengan cara itu maka konsumen akan tertarik untuk membeli teh botol sosro yang menggiur saat di minum pada siang hari maupun hingga malam hari akibat media-media yang sudah disebar luas. Ketertarikan konsumen terhadap teh botol sosro tidak hanya lewat visual aja tapi teh botol sosro juga mempunyai slog...

About Mafazee

Halo! Nama gue Mafazi Qisti Sitepu biasa dipanggil Aji, 19 tahun, lahir di kota Bekasi, 26 agustus 1999. Gue tinggal di Bogor, kota yang adem, walaupun sekarang udh rame bgt sama lautan kendaraan di Bogor, tapi masih seneng bgt di Bogor super adem apalagi ditambah ujan hehehe. Hobby gue yaitu nyanyi, sering banget ngadain solo konser, tapi di kamar mandi dan selain nyanyi yaaa gambar, mau manual ataupun digital suka dah pokoknya. Dulu sempet kepikiran mau masuk fine art di institut terkenal di bandung tapi yang diatas malah berkata lain tapi its okay! Berujung di Bina Nusantara jurusan design, lebih tepatnya jurusan Creative Advertising, kenapa milih CA? Jujur suka banget liat iklan yang ngena pada penontonnya, apalagi yang edukatif, lucu dan juga persuatif, itu sih menurut gue kunci buat iklan yang bagus, jadi kayak tertarik masuk CA ya gituu. Tapi sekarang gue udh mulai berfikiran untuk menjadi illustrator, akibat sering hobby gambar terus kepikiran jadi illustrator deh, ...

How Consumer Behave In a Targeted Market

Hi! Halo! Pada kesempataan kali ini saya akan membahas penelitian saya lakukan di salah satu universitas ternama di Jakarta. Dari target market saya, saya lebih mengecilkan lingkupnya, yaitu mahasiswa atau remaja yang berumur sekitar 18-21 tahun yang menyukai menyantap kudapan atau cemilan. Data yang saya kumpulkan merupakan anĂ¡lisis saya yang masih berhubungan di data analisa 4P produk Oreo (kukis coklat yang mempunyai filing creme di tengahnya) berikut adalah video saya meng-interview 3 orang mahasiswa atau remaja. Sesuai dengan judulnya, saya ingin mengetahui lebih dalam pendapat masing-masing individu, kebutuhan dan juga keinginan dalam produk cemilan ini. Berikut ini adalah video saya mewawancarai 3 orang mahasiswa atau remaja. Berikut adalah list pertanyaan saya : 1. Apakah anda sering memakan tau mengonsumsi kudapan/cemilan? 2. Cemilan/Kudapan yang superti apa? 3. Rasanya yang seperti apa? Manis? Asin? Asam?  4. Kalau kudapan manis tersebut mempunyai banyan Var...