Langsung ke konten utama

Analisa Iklan&Promosi KItKat di Jepang



Hi! Kali ini saya akan menjelaskan brand cokelat batangan yang sangat terkenal dari keluaran nestle yaitu KitKat, cokelat bar yang mempunyai tagline yang sangat terkenal yaitu “have a break, have a kitkat” siapa sih yang tidak tahu Kitkat? Kitkat merupakan cokelat bar keluaran dari Rowntree’s of York, United Kingdom, yang terdiri dari 3 lapis wafer yang sangat renyah. Dibalik kesuksesan kitkat tentunya banyak faktor pendukung untuk brand ini terkenal, dari segi varian rasa yang banyak dan tentunya marketing merupakan salah satu faktor pendukung yang sangat penting untuk sebuah kesuksesan sebuah brand.

KitKat sangatlah terkenal hingga dijual hampir diseluruh manca negara salah satunya kitkat di produksi di Jepang, jepang merupakan negara yang sangat padat akan penduduknya dan dengan itu persaingan pasar yang sangat ketat, KitKar selalu mencari cara agar mempunyai daya tarik yang besar kepada konsumennya karena eksistensi di pasaran seperti minimarket dan lain-lain tentunya KitKat tidak harus diragukan lagi. Uniknya di jepang KitKat bukan disebut KitKat tapi disebutnya Kitto Katsu yang artinya “Surely Win” atau di bahasa Indonesianya Pasti Menang. 

Jepang mempunyai tradisi yang sangat unik yaitu ketika sedang musim semi dimana para pelajar sedang melaksanakan ujian pendidikan, tradisi mereka adalah warga jepang selalu memberi surat kepada teman, anak, saudara dan orang yang dicintai untuk selalu memberi surat pesan untuk melaksanakan apa yang mereka lakukan dengan semangat dengan contoh pesan seperti “Goodluck!” Maka itu KitKat berinsiatif untuk bekerja sama dengan goverment untuk bisa mengakses ke seluruh post office untuk dapat dijual melewati post office pada musim semi, pada saat itulah produk KitKat semakin meningkat karena marketing-nya yang sangat thoughtful, tidak hanya mendapaktkan surat dan juga orang yang kita sayangin pun dapat cokelat batang, dengan cara itu hubungan kita pun makin erat dan memberi rasa kehangatan dari hal kecil. 

Kitto Katsu yang seri ini atau KitKat mail ini sangat amat mbludak sehingga dipromosikannya sangat amat besar, dari berita tv, billboard, tempelan kertas atau sticker di jalanan, pada saat itu project ini hanya dilakukan saat menjelang ujian saja tetapi sekarang bisa dikirmkan kapanpun sehingga penduduk sana pun tidak harus repot lagi untuk memberi pesan kepada orang tersayangnya pada satu acara besar saja. Promosi ini sangatlah pintar dan juga thoughtful, yang tadinya hanya kebiasaan tradisiorang sana cuma melewati surat saja tetapi sekarang bisa dapatkan cokelat yang enak untuk disantap.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

"Apapun makanannya, minumnya teh botol sosro" Copywriting

Kalian pasti tau kan teh botol sosro? Teh botol sosro merupakan salah satu minuman yang tidak asing lagi di indonesia, kita bisa menemui teh botol sosro hampir dimanapun, saat kita sedang makan di warteg, di tukang bakso langganan gue, kantin kampus dan juga masih banyak lagi teh botol sosro diedarkan di tempat makan manapun dan juga tempat lainnya, karena mudah ditemui di manapun, kita sudah mengenali teh botol sosro mulai dari media iklan dan juga media cetak, misalnya saat gue lagi makan bakso di tempat langganan gue pastinya banyak banget iklan teh botol sosro bermunculan, dari mulai banner, di menu makanan, sehingga di tempel di meja sarung meja di tempat makanan dengan cara itu maka konsumen akan tertarik untuk membeli teh botol sosro yang menggiur saat di minum pada siang hari maupun hingga malam hari akibat media-media yang sudah disebar luas. Ketertarikan konsumen terhadap teh botol sosro tidak hanya lewat visual aja tapi teh botol sosro juga mempunyai slog

About Mafazee

Halo! Nama gue Mafazi Qisti Sitepu biasa dipanggil Aji, 19 tahun, lahir di kota Bekasi, 26 agustus 1999. Gue tinggal di Bogor, kota yang adem, walaupun sekarang udh rame bgt sama lautan kendaraan di Bogor, tapi masih seneng bgt di Bogor super adem apalagi ditambah ujan hehehe. Hobby gue yaitu nyanyi, sering banget ngadain solo konser, tapi di kamar mandi dan selain nyanyi yaaa gambar, mau manual ataupun digital suka dah pokoknya. Dulu sempet kepikiran mau masuk fine art di institut terkenal di bandung tapi yang diatas malah berkata lain tapi its okay! Berujung di Bina Nusantara jurusan design, lebih tepatnya jurusan Creative Advertising, kenapa milih CA? Jujur suka banget liat iklan yang ngena pada penontonnya, apalagi yang edukatif, lucu dan juga persuatif, itu sih menurut gue kunci buat iklan yang bagus, jadi kayak tertarik masuk CA ya gituu. Tapi sekarang gue udh mulai berfikiran untuk menjadi illustrator, akibat sering hobby gambar terus kepikiran jadi illustrator deh,

How Memory Messed Up My Perception

Halo! Kembali lagi bersama saya, kali ini saya akan membahasas pengalaman saya dan mengapa dari pengalaman tersebut dapat berpengaruh besar. Lebih tepatnya kali saya akan membahasan bagaiaman memori dapat mempengaruhi persepsi saya berdasarkan pengalaman yang pernah saya alami. Sebelumnya apa sih Persepsi sebenernya? Persepsi merupakan tanggapan langsung dari sebuah serapan atau proses seseorang mengetahui beberapa hal menlalui penginderaan dan juga stimulan seorang individu. Persepsi jufa merupakan suatu proses pengamatan sesorang terhadap lingkungan dengan mengunakan indera-indera yang dimiliki sehingga seorang individu menjadi sadar akan sesuatu yang berada dilingkungannya. Adanya objek yang di persepsi, adanya alat indera atau reseptor dan juga adanya perhatian Bagaimana dengan memori? Memori merupakan fungsi yang terlibat dalam proses memgenang masa lalu, keseluruhan pengalaman masa lalu yang diingat kembali dan pengalaman khas yang paling diingat. Memori melibatkan apa yang di