Hi! Kali ini saya akan menjelaskan brand cokelat batangan yang
sangat terkenal dari keluaran nestle yaitu KitKat, cokelat bar yang mempunyai
tagline yang sangat terkenal yaitu “have a break, have a kitkat” siapa sih yang
tidak tahu Kitkat? Kitkat merupakan cokelat bar keluaran dari Rowntree’s of
York, United Kingdom, yang terdiri dari 3 lapis wafer yang sangat renyah.
Dibalik kesuksesan kitkat tentunya banyak faktor pendukung untuk brand ini
terkenal, dari segi varian rasa yang banyak dan tentunya marketing merupakan
salah satu faktor pendukung yang sangat penting untuk sebuah kesuksesan sebuah
brand.
KitKat sangatlah terkenal hingga dijual hampir diseluruh manca
negara salah satunya kitkat di produksi di Jepang, jepang merupakan negara yang
sangat padat akan penduduknya dan dengan itu persaingan pasar yang sangat
ketat, KitKar selalu mencari cara agar mempunyai daya tarik yang besar kepada
konsumennya karena eksistensi di pasaran seperti minimarket dan lain-lain
tentunya KitKat tidak harus diragukan lagi. Uniknya di jepang KitKat bukan
disebut KitKat tapi disebutnya Kitto Katsu yang artinya “Surely Win” atau di
bahasa Indonesianya Pasti Menang.
Jepang mempunyai tradisi yang sangat unik yaitu ketika sedang
musim semi dimana para pelajar sedang melaksanakan ujian pendidikan, tradisi
mereka adalah warga jepang selalu memberi surat kepada teman, anak, saudara dan
orang yang dicintai untuk selalu memberi surat pesan untuk melaksanakan apa
yang mereka lakukan dengan semangat dengan contoh pesan seperti “Goodluck!”
Maka itu KitKat berinsiatif untuk bekerja sama dengan goverment untuk bisa
mengakses ke seluruh post office untuk dapat dijual melewati post office pada
musim semi, pada saat itulah produk KitKat semakin meningkat karena
marketing-nya yang sangat thoughtful, tidak hanya mendapaktkan surat dan juga
orang yang kita sayangin pun dapat cokelat batang, dengan cara itu hubungan
kita pun makin erat dan memberi rasa kehangatan dari hal kecil.
Kitto Katsu yang seri ini atau KitKat mail ini sangat amat mbludak
sehingga dipromosikannya sangat amat besar, dari berita tv, billboard, tempelan
kertas atau sticker di jalanan, pada saat itu project ini hanya dilakukan saat
menjelang ujian saja tetapi sekarang bisa dikirmkan kapanpun sehingga penduduk
sana pun tidak harus repot lagi untuk memberi pesan kepada orang tersayangnya
pada satu acara besar saja. Promosi ini sangatlah pintar dan juga thoughtful,
yang tadinya hanya kebiasaan tradisiorang sana cuma melewati surat saja tetapi
sekarang bisa dapatkan cokelat yang enak untuk disantap.
Komentar
Posting Komentar