Langsung ke konten utama

Elements & Principles of Design of TVC (Honda - The Cog)

Halo! Kali ini saya akan menjelaskan prinsip dan elemen design dari TVC  dari salah satu brand atau company yang sangat bergengsi yang berjudul the Cog dari Honda. Berikut adalah penjelasan elemen design dari TVC Honda the Cog 
Brand/Company : Honda Motor Company
Product : Mobil Honda Accord 7th generation
Logo : Logo muncul di menit 1.58
Tagline : The Power of Dreams


Primary Feature

1.    Terdapat sekitar 80 part mobil yang berada dalam video berdurasi 120 detik ini dengan Type Shot yang dinamis, detik pertama diawali dengan zoom in lalu sedikit zoom out, dan seterusnya shot yang dimainkan yaitu zoom in dan zoom out tetapi tetap dinamis mengikuti pergerakan part mobil seperti domino lalu diakhiri dengan zoom out dengan memperlihatkan bentuk keseluruhan mobil Honda Accord 7th generation. Shot ini juga disebut sebagai Tracking Shot.
2.    Medium iklan merupakan TVC (Digital Telvision Commercial)
3.    Dimension screen resolution max 720p HD
4.    Texture nya beragam, dari part mobil yang smooth karena berkilau, tekstur yang lentur pada bagian kabel, tekstur licin yang ada pada oli mobil,
5.    Text yang ada di iklan TVC ini sangat minim sekali, text berada di menit terakhir yang berisi motto dari Honda yaitu "The Power of Dreams" menggunakan font sans serif sedangkan logo HONDA menggunakan font serif dengan ukuran yang besar dan tebal
6.    Value dalam iklan ini dominan terang dan value objek nya gelap, dimana objek terlihat lebih contrast dibanding ground nya, objek lebih terlihat fokus.
7.    Scale nya bervarian, dibagian objek nya (part mobil) ada yang skalanya kecil, skalanya sedan dan juga ada skalanya yang besar.
8.    Color, warna yang digunakan pada objek yaitu rata-rata greyscale dan juga ada beberapa part mobil yang menggunakan warna merah monokromatic dan juga ada shadenya, dalam ground nya, seperti lantai ada warna coklat dengan tone sedikit menggelap dan monokromatic, begitu juga dengan dinding, tetapi menggunakan soft warm green ada tones dan juga termssuk monokromatic.


Secondary Feature 

1.    Unity, objek berjalan menyambung, seperti domino, dan dilanjuti terus menerus sehingga terlihat menyatu menjadi satu kesatuan.
2.    Balance, keseimbangan dalam video ini terlihat balance yang asimetris 
3.    Harmony, dari iklan ini terlihat pergerakan yang setisp objeknya bergerak menuju objek lainnya sehingga terlihat berkesinambungan
4.    Emphasis, terlihat objek part mobil adalah bagian emphasis dalam video ini dengan warna-nya yang greyscale dan dominan gelap dibanding dengan background-nya yang warnanya soft dan terang 
5.    Movement, objek ini menyambung satu sama lain, membuat pergerakan yang dinamis, dari segi penggambilan video pun mengikuti alur pergerakan objek yang menyambung satu sama lain


Komentar

Postingan populer dari blog ini

"Apapun makanannya, minumnya teh botol sosro" Copywriting

Kalian pasti tau kan teh botol sosro? Teh botol sosro merupakan salah satu minuman yang tidak asing lagi di indonesia, kita bisa menemui teh botol sosro hampir dimanapun, saat kita sedang makan di warteg, di tukang bakso langganan gue, kantin kampus dan juga masih banyak lagi teh botol sosro diedarkan di tempat makan manapun dan juga tempat lainnya, karena mudah ditemui di manapun, kita sudah mengenali teh botol sosro mulai dari media iklan dan juga media cetak, misalnya saat gue lagi makan bakso di tempat langganan gue pastinya banyak banget iklan teh botol sosro bermunculan, dari mulai banner, di menu makanan, sehingga di tempel di meja sarung meja di tempat makanan dengan cara itu maka konsumen akan tertarik untuk membeli teh botol sosro yang menggiur saat di minum pada siang hari maupun hingga malam hari akibat media-media yang sudah disebar luas. Ketertarikan konsumen terhadap teh botol sosro tidak hanya lewat visual aja tapi teh botol sosro juga mempunyai slog

About Mafazee

Halo! Nama gue Mafazi Qisti Sitepu biasa dipanggil Aji, 19 tahun, lahir di kota Bekasi, 26 agustus 1999. Gue tinggal di Bogor, kota yang adem, walaupun sekarang udh rame bgt sama lautan kendaraan di Bogor, tapi masih seneng bgt di Bogor super adem apalagi ditambah ujan hehehe. Hobby gue yaitu nyanyi, sering banget ngadain solo konser, tapi di kamar mandi dan selain nyanyi yaaa gambar, mau manual ataupun digital suka dah pokoknya. Dulu sempet kepikiran mau masuk fine art di institut terkenal di bandung tapi yang diatas malah berkata lain tapi its okay! Berujung di Bina Nusantara jurusan design, lebih tepatnya jurusan Creative Advertising, kenapa milih CA? Jujur suka banget liat iklan yang ngena pada penontonnya, apalagi yang edukatif, lucu dan juga persuatif, itu sih menurut gue kunci buat iklan yang bagus, jadi kayak tertarik masuk CA ya gituu. Tapi sekarang gue udh mulai berfikiran untuk menjadi illustrator, akibat sering hobby gambar terus kepikiran jadi illustrator deh,

How Memory Messed Up My Perception

Halo! Kembali lagi bersama saya, kali ini saya akan membahasas pengalaman saya dan mengapa dari pengalaman tersebut dapat berpengaruh besar. Lebih tepatnya kali saya akan membahasan bagaiaman memori dapat mempengaruhi persepsi saya berdasarkan pengalaman yang pernah saya alami. Sebelumnya apa sih Persepsi sebenernya? Persepsi merupakan tanggapan langsung dari sebuah serapan atau proses seseorang mengetahui beberapa hal menlalui penginderaan dan juga stimulan seorang individu. Persepsi jufa merupakan suatu proses pengamatan sesorang terhadap lingkungan dengan mengunakan indera-indera yang dimiliki sehingga seorang individu menjadi sadar akan sesuatu yang berada dilingkungannya. Adanya objek yang di persepsi, adanya alat indera atau reseptor dan juga adanya perhatian Bagaimana dengan memori? Memori merupakan fungsi yang terlibat dalam proses memgenang masa lalu, keseluruhan pengalaman masa lalu yang diingat kembali dan pengalaman khas yang paling diingat. Memori melibatkan apa yang di