Halo! Kali ini saya akan menjelaskan prinsip dan elemen design dari TVC dari salah satu brand atau company yang sangat bergengsi yang berjudul the Cog dari Honda. Berikut adalah penjelasan elemen design dari TVC Honda the Cog
Brand/Company : Honda Motor Company
Product : Mobil Honda Accord 7th generation
Logo : Logo muncul di menit 1.58
Tagline : The Power of Dreams
Primary Feature
1. Terdapat sekitar 80 part mobil yang berada dalam video berdurasi 120 detik ini dengan Type Shot yang dinamis, detik pertama diawali dengan zoom in lalu sedikit zoom out, dan seterusnya shot yang dimainkan yaitu zoom in dan zoom out tetapi tetap dinamis mengikuti pergerakan part mobil seperti domino lalu diakhiri dengan zoom out dengan memperlihatkan bentuk keseluruhan mobil Honda Accord 7th generation. Shot ini juga disebut sebagai Tracking Shot.
2. Medium iklan merupakan TVC (Digital Telvision Commercial)
3. Dimension screen resolution max 720p HD
4. Texture nya beragam, dari part mobil yang smooth karena berkilau, tekstur yang lentur pada bagian kabel, tekstur licin yang ada pada oli mobil,
5. Text yang ada di iklan TVC ini sangat minim sekali, text berada di menit terakhir yang berisi motto dari Honda yaitu "The Power of Dreams" menggunakan font sans serif sedangkan logo HONDA menggunakan font serif dengan ukuran yang besar dan tebal
6. Value dalam iklan ini dominan terang dan value objek nya gelap, dimana objek terlihat lebih contrast dibanding ground nya, objek lebih terlihat fokus.
7. Scale nya bervarian, dibagian objek nya (part mobil) ada yang skalanya kecil, skalanya sedan dan juga ada skalanya yang besar.
8. Color, warna yang digunakan pada objek yaitu rata-rata greyscale dan juga ada beberapa part mobil yang menggunakan warna merah monokromatic dan juga ada shadenya, dalam ground nya, seperti lantai ada warna coklat dengan tone sedikit menggelap dan monokromatic, begitu juga dengan dinding, tetapi menggunakan soft warm green ada tones dan juga termssuk monokromatic.
Secondary Feature
1. Unity, objek berjalan menyambung, seperti domino, dan dilanjuti terus menerus sehingga terlihat menyatu menjadi satu kesatuan.
2. Balance, keseimbangan dalam video ini terlihat balance yang asimetris
3. Harmony, dari iklan ini terlihat pergerakan yang setisp objeknya bergerak menuju objek lainnya sehingga terlihat berkesinambungan
4. Emphasis, terlihat objek part mobil adalah bagian emphasis dalam video ini dengan warna-nya yang greyscale dan dominan gelap dibanding dengan background-nya yang warnanya soft dan terang
5. Movement, objek ini menyambung satu sama lain, membuat pergerakan yang dinamis, dari segi penggambilan video pun mengikuti alur pergerakan objek yang menyambung satu sama lain
Komentar
Posting Komentar